Ingin Segera Umroh, Inilah 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Juli 2024, 09:50:19

Bagi kaum muslimin, berangkat ibadah umrah adalah cita-cita yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat saat ini untuk menunaikan ibadah haji memerlukan biaya yang tidak murah dan waktu tunggu yang lama, umrah menjadi pengganti bagi mereka yang sudah merindukan ingin pergi ke Baitullah.

Namun, cita-cita saja tidak akan terealisasi apabila Anda tidak memulai menyiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya masalah keuangan. Jika tidak ada target yang jelas kapan Anda akan berangkat ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyisihkan dana khusus untuk umrah. Lalu, bagaimana cara agar segera berangkat umroh bila keinginan Anda sudah sangat kuat? Tenang, kami akan memaparkan kiatnya untuk Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Niat Kuat-kuat

Jika Anda ingin cepat menunaikan ibadah umrah, pasanglah niat kuat-kuat agar Anda bisa segera berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara finansial cukup mampu melaksanakan ibadah umrah, namun mereka tidak memiliki niat untuk ibadah, lho!

Entah karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat asupan tentang urgensi ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk mengejar hal-hal duniawi misalnya membeli rumah, mobil, baju, aksesoris, menekuni hobi, plesir dan lain-lain.

Maka, Anda termasuk golongan orang yang beruntung saat Anda punya niat untuk umrah. Bahkan, Anda belum memiliki dana berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tak mungkin Anda akan berangkat ke tanah suci duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Oleh karena itu, niat yang kuat adalah modal agar Anda bisa menemukan solusi untuk mewujudkan cita-cita Anda berangkat umroh dengan cepat. Miliki keyakinan sepenuh hati bahwa Anda MAMPU untuk umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Informasi Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Tips kedua yang dapat Anda coba untuk bisa segera berangkat umroh adalah dengan mencari tahu tentang umrah. Mulai dari rukun, doa-doanya, yang harus disiapkan, manasiknya, dan semua hal yang berkaitan dengan umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang biro travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke tanah suci. Anda dapat mencarinya sendiri lewat online, menimbangnya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan teman yang sudah pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali info terkait umrah dengan cara sharing dengan relasi, pihak keluarga atau konsultasi dengan ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan getaran yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga usaha agar bisa mempercepat sampai tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Buat Anda yang belum punya dana lebih untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menganggarkan untuk dana umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Tentukan kapan kapan Anda umrah. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat umrah, supaya ada motivasi untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berniat untuk berangkat umrah 3 tahun dari sekarang. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta tiap bulan, Anda harus bisa mengalokasikan kurang lebih 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki dana senilai 36 juta rupiah. Realistis, kan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika mau lebih cepat lagi, Anda dapat memakai dana talangan untuk ibadah umrah dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

4) Minta Doa Restu Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda coba sebagai jalan pintas melaksanakan umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan metode ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih segera terealisasi. Ingat kan, kalau ridho Allah terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan dengan sungguh-sungguh kalau Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan kedua orang tua Anda, buat hati mereka senang dan mereka pun akan dengan senang hati mendoakan Anda agar bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Cerdas Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat di zaman sekarang ini bermacam-macam. Ada yang menempuh melalui cara umrah backpacker, ada juga yang memilih membeli paket umrah di masa off peak season agar mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara kolektif juga dapat dicoba untuk memperoleh potongan harga dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengurangi kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id