10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Bagi yang Baru Pertama Kali Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Juli 2024, 09:50:19

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan ibadah umrah, Anda pastinya bingung apa saja hal yang harus Anda persiapkan sebelum ibadah umrah. Mulai dari persiapan dokumen, registrasi, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti ulasan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan jasmani yang kuat. Maka dari itu, jamaah umrah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kebugaran dengan makan makanan yang bergizi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai rutin berolahraga, seperti jogging, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Ruhani

Selain tubuh yang bugar, Anda juga wajib mempersiapkan rohani Anda supaya dapat benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan yang tinggi. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk beberapa waktu. Selain hal tersebut, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang wajib dibayarkan via biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Kelengkapan Data

Kelengkapan data yang harus dipenuhi sebelum umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima pemesanan tempat menginap, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus dicermati. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper guna memuat barang bawaan Anda. Satu koper besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing bisa diisi dengan barang bawaan sesuai kebutuhan. Misal untuk baju masuk koper, tas jinjing untuk memuat peralatan mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa kelengkapan identitas, kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini terkadang terabaikan, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang cukup penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita wajib mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urut-urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari referensinya yakni dengan membaca buku ibadah umrah, berselancar di internet tentang ibadah umrah, dan sharing dengan orang yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Jasa Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Apabila travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka bisa Anda pantau melalui daring, misalnya dengan mengakses website, mendapat notifikasi surat elektronik dan pesan singkat untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi tertentu, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus wanita banyak macamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, jarum pentul, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga pakaian cadangan ihram yang nyaman. 

Menghafalkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga teman. Supaya selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak terlewat saat berdoa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak harus disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id